Sebenarnya bermain dengan komputer itu tidak terlalu baik bagi Hanifa, karena dia jadi sulit diminta berhenti. Ketika sudah waktunya makan, hanifa tidak mau berhenti dan terus ingin bermain komputer. Memang ada manfaat mempercepat pengenalan huruf dan angka, tapi setelah kemampuan itu diperoleh, dia tidak segera naik ke level yang lebih tinggi. Dia hanya ingin bermain, bukan menambah pengetahuan. (Itulah sudut pandang orang dewasa, seluruh kegiatan harus ada manfaat terukurnya, padahal dalam bermain itu sendiri anak-anak mendapat manfaat yang besar!!) Mungkin ini hanya dalam pandangan saya yang ingin Hanifa cepat punya pemahaman lebih tinggi dalam membaca dan menghitung, tapi bagi Hanifa itu tampaknya belum penting.

hHri ini kami main ke Fuchu-no-mori. Begitulah setiap hari, pagi diawali dengan bermain ke taman. siang istirahat di rumah dan sore jalan-jalan di sekitar rumah, ke nogawa atau taman yang dekat, atau belanja. Dan tiba-tiba hari sudah malam. Badan sudah letih.

No comments: